UTI Bekali Siswa SMK Guna Darma Public Speaking Hingga Perencanaan Keuangan

Foto Ist
Foto Ist

Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) memberikan materi kepada siswa SMK Guna Darma Bandar Lampung, Selasa, (24/1).


Materi kali ini adalah public speaking, strategi desain kemasan, dan perencanaan keuangan.

Beberapa dosen yang memberikan materi di antaranya Yusra Fernando, M.Kom., Suprayogi, M.Hum., Shiwi Angelica S, MBA., Berlintina Permatasari, MM, dan sejumlah mahasiswa.

Selama materi, siswa juga menggunakan laptop hibah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang disalurkan melalui LLDIkti Wilayah II.

Selain pembekalan kepada siswa, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman antara sekolah dan Teknokrat.

Siswa diberikan pembekalan bagaimana desain pengemasan yang menarik sehingga menarik perhatian calon pelanggan. Selain itu, siswa juga dilatih bagaimana melakukan perencanaan keuangan sejak dini.

Siswa juga dibekali keterampilan berbicara di depan publik. Tujuannya, mereka terbiasa mengutarakan gagasan kepada orang lain. Kemampuan berbicara di depan publik ini akan berguna sejak sekarang.

Dengan memiliki kemampuan berbicara di depan publik, siswa diharapkan mampu menyampaikan gagasan dengan cara yang baik dan isi pembicaraan yang mudah dimengerti.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM menyambut baik pengabdian di sekolah ini. Ia mengatakan, kampus memang mempunyai tugas pengabdian sebagai wujud tanggung jawab kepada masyarakat.

Mahathir juga menegaskan, beberapa materi yang diberikan kepada siswa dinilai paling praktis dan mudah diaplikasikan.

Mahathir mengatakan, siswa mesti diberikan banyak keterampilan supaya mereka lebih siap menghadapi tantangan zaman. Khususnya usai lulus sehingga lulusan cepat diserap pasar kerja.