Verifikasi Parpol di Bandar Lampung Jadi Atensi Bawaslu RI

Supervisi Bawaslu RI di Bawaslu Kota Bandar Lampung / istimewa
Supervisi Bawaslu RI di Bawaslu Kota Bandar Lampung / istimewa

Tahapan verifikasi partai politik (Politik) untuk Pemilu 2024 di Bandar Lampung jadi atensi Bawaslu RI. Untuk itu Tim Asistensi Pengawasan Bawaslu RI melakukan supervisi ke Bawaslu Kota Bandar Lampung, Jumat (24/6).


Supervisi ini bagian dari Pengambilan Sampel dalam Persiapan Pengawasan Verifikasi Partai Politik Pemilu Tahun 2024 di Bandar Lampung. 

Ketua Bawaslu Bandar Lampung Candrawansah mengatakan, Tim Bawaslu RI menanyakan sejauh mana proses komunikasi dengan parpol yang akan diverifikasi tahun ini. 

"Kami berikan informasi kalau sudah ada enam partai yang datanya sudah kami dapat dan terdaftar di Kesbangpol. Enam partai itu juga sudah berkomunikasi dengan kami," kata dia. 

Lima partai itu, lanjut Candrawansah, adalah Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Ummat, dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu. 

Candrawansan melanjutkan, pengawasan untuk verifikasi parpol masih menunggu Perbawaslu. Sama dengan KPU yang masih menunggu PKPU tentang pendaftaran parpol. 

Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 55/PUU-XVIII/2020 tentang verifikasi parpol, ada 9 parpol yang sudah lolos parliamentary threshold (PT) dan tidak perlu ikut verifikasi faktual pemilu 2024.

Sembilan parpol itu PDIP, Golkar, Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Jadi mereka hanya perlu melengkapi administrasi. Sementara partai lainnya harus melalui verifikasi administrasi dan verifikasi faktual," kata dia. 

Menurut Candrawansah, yang akan diverifikasi nantinya adalah struktur kepengurusan parpol dan pencocokan anggota parpol dengan e-ktp, kantor dan hal-hal yang terdaftar di Sipol (aplikasi Sistem Informasi Partai Politik milik KPU).