Viral dan Dihujat Karena Nakes 'Uyel-Uyel' Bayi, RSIA Santa Anna Bandar Lampung Minta Maaf

Tangkapan layar akun tiktok nakes RSIA Santa Anna
Tangkapan layar akun tiktok nakes RSIA Santa Anna

Viral di berbagai media sosial seorang tenaga kesehatan (nakes) dengan seragam Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Santa Anna mencubit dan menguyel-uyel pipi bayi hingga menangis.


Video tersebut memperlihatkan nakes perempuan yang mengenakan masker wajah, kemudian menciumi dan menempelkan wajahnya pada wajah bayi hingga masker itu ikut menempel pada pipi bayi. 

"Mereka pikir dede bayi aman kalo sama aku padahal dibejek2, diuwel2, dibikin nangis, lg bobo diganggu," tulis unggahan video tersebut.

Video tersebut kemudian viral karena disebarkan lewat media sosial lainnya seperti facebook, instagram dan twitter. Warganet pun langsung menghuat, termasuk aktor dan influencer seperti Penulis Jenny Jusuf dan Aktor serta Sutradara Ernest Prakasa.

Setelah viral, RSIA Santa Anna di Jalan Hasanudin, Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung memberikan klarifikasi dan permohonan maaf lewat akun Instagram resminya @santanna_rsia.

"Memang benar video tersebut diambil dari RSIA Santa Anna namun tanpa sepengetahuan pimpinan atau petugas yang berwenang," tulisnya, yang dikutip Jumat (3/6).

Humas RSIA Santa Anna, Titus Tomi mengatakan, bahwa pihaknya selalu mengedepankan keselamatan pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna. 

"Kejadian itu, saat ini sedang diproses mediasi oleh kuasa hukum rumah sakit dengan perawat yang bersangkutan," lanjut dia. 

Pihak rumah sakit menyebut, video tersebut dibuat dan diunggah oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 

Selain itu, pihak rumah sakit juga mengecam unggahan tersebut, karena tidak sesuai dengan kode etik profesi dan peraturan rumah sakit.