Viral Sesajen Gunung Semeru Ditendang dan Dibuang, Anak Gus Dur Meradang

Koordinator Jaringan Gusdurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau Alissa Wahid/RMOL
Koordinator Jaringan Gusdurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau Alissa Wahid/RMOL

Sebuah video yang memperlihatkan seseorang menendang dan membuang sesajen di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur viral di media sosial.


Dalam video berdurasi 25 detik yang beredar di Twitter, tampak seorang pria membuang sesajen yang ditaruh warga setempat. Berdasarkan informasi yang beredar, kejadian tersebut berada di Sumbersari, Lumajang.

Sontak, kejadian tersebut mengundang amarah dari warganet. Tak terkecuali respons dari Koordinator Jaringan Gusdurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau Alissa Wahid.

"Meyakini bahwa sesajen tidak boleh, monggo saja. Tapi memaksakan itu kepada yang meyakininya, itu yang tidak boleh," kata Alissa Wahid dikutip dari akun Twitternya, Minggu (9/1).

Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi kebhinnekaan. Meski mayoritas muslim, namun tak sedikit pula masyarakat yang menganut agama lain, termasuk aliran kepercayaan.

"Repot memang kalau ketemu yang model-model begini. Susah banget memahami bahwa dunia bukan milik kelompoknya saja," demikian kata putri Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid ini.