Viral Video Wagub Kampanye, Ada Surat Cuti Dari Tito Dan Arinal

Wagub Chusnunia Chalim (Nunik)/Foto Vera
Wagub Chusnunia Chalim (Nunik)/Foto Vera

Viral video kampanye Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik. Dari penyelusuran RMOLLampung, ada surat izin cuti dari Mendagri Tito dan Gubernur Arinal terkait kampanye Pilkada Lampung Timur 2020.


Bawaslu Lampung Timur hingga Jumat siang (20/11) belum bisa memastikan soal video kampanye tersebut. Mereka masih menyelusuri kepastian waktu dan tempatnya. Nunik juga belum berhasil dikonfirmasi terkait hal itu.

Mendagri M Tito Karnavian menandatangani surat izin kampanye Nunik empat hari dengan status cuti tak dalam tanggungan negara berdasarkan Surat Uzin Nomor 273/6204/SJ tanggal 13 November 2020.

Nunik memeroleh izin cuti Kampanye Pemilihan Kepala Daerah Serentak Lampung Timur 2020 dari Mendagri Tito Karnavian untuk tanggal 13 November, 19 November, 27 November, dan 4 Desember 2020.

Kemudian, ada juga Surat Gubernur Lampung No.856/3329 1012020 tanggal 5 November 2020 tentang Hal Cuti Diluar Tanggungan Negara pada Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Lampung.

Nunik saat kampanye di Lampung Timur/Foto Ist

Sejak Kamis (19/11), Kantor Berita RMOLLampung memeroleh kiriman video tersebut. Di beberapa grup WA, video Nunik tengah meminta warga memilih salah satu paslon juga beredar.

Ketua Bawaslu Lampung Timur Uslih kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (20/11), mengatakan tengah menyelusurinya. 

Di video, Nunik duduk lesehan di tengah rumah. Dia dikelilingi warga pria dan wanita. Video itu diambil dari arah belakang rombongan ibu-ibu. Nunik beberapa kali mengajak warga mengacungkan jari tiga.