Wali Kota Eva Berhentikan Komisaris Independen Bank Waway Tanpa Alasan 

Banking hall Bank Waway Lampung/Ist
Banking hall Bank Waway Lampung/Ist

Komisaris Independen PT BPR Waway Lampung, Irfan Gani dikabarkan diberhentikan tanpa alasan yang jelas oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. 


Kabar tersebut dibenarkan oleh Direktur Utama PT BPR Waway Lampung, Ahmad Tamidi. Menurutnya, ia tidak tahu jelas alasan Irfan Gani diberhentikan. 

"Iya betul. Itu keputusan pemegang saham pengendali, saya tidak tahu alasan," kata Ahmad Tamidi saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (19/8). 

Menurutnya, walaupun tidak tahu alasan pasti pemecatan. Pihaknya yakin jika pemecatan telah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) dan  UU PT BPR Waway Lampung. 

"Intinya pemberhentian itu ada tiga alasan yakni alasan meninggal dunia, habis masa jabatannya dan sewaktu-waktu. Pak Irfan Gani diberhentikan sesuai opsi ketiga yakni sewaktu-waktu," ujarnya. 

Sementara itu, Komisaris Utama, Anang Sofi mengatakan jika sesuai aturan POJK, komisaris di PT BPR Waway Lampung wajib 3 orang. 

"Jadi memang harus ada pengganti, kapan dan siapa penggantinya saya belum tahu," jelasnya. 

Diketahui, Pemberhentian Irfan Gani sebagai Komisaris Independen PT BPR Waway Lampung tertuang dalam keputusan wali kota Bandar Lampung nomor 521/1.05/HK/ 2022 tertanggal 5 Agustus 2022 dengan tanda tangan wali kota Bandar Lampung bukan pemegang saham pengendali.