Wali Kota Eva Imbau Masyarakat Waspada Kasus Gangguan Ginjal Akut pada Anak

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Tuti
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Tuti

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana meminta masyarakat lebih waspada terhadap kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak usia 0-18 tahun. Menurutnya, kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal telah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.


Melalui surat edaran nomor 800/1567/III.02/2022, Eva Dwiana mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya percepatan penanggulangan. Para orang tua diminta waspada terhadap anak yang berusia di bawah 6 tahun dengan gejala penurunan volume urin atau tanpa demam. 

“Sebelum terjadi suatu ganguan lain untuk segera dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat,” kata Eva Dwiana melalui keterangan tertulis, Kamis (20/10). 

Lanjutnya, orang tua yang memiliki anak terutama usia belita untuk sementara tidak mengkonsumsi obat-obatan yang didapatkan secara bebas tanpa anjuran dari tenaga kesehatan yang kompeten. Hal ini dilakukan sampai adanya pengumuman resmi dari pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

“Perawatan anak sakit yang menderita demam dirumah lebih mengedepankan tatalaksana non farmakologis seperti mencakupi kebutuhan cairan, kompres air hangat, dan menggunakan pakaian tipis. Jika terdapat tanda-tanda berbahaya, segera bawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” ujarnya.