Wali Kota Eva Ingatkan Orang Tua Vaksin Hepatitis B Pada Anak

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Tuti
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Tuti

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengingatkan kepada orang tua untuk segera mengantarkan anak yang belum menerima vaksin hepatitis B ke puskesmas. Hal tersebut untuk upaya pencegahan terjangkit hepatitis akut misterius.


"Bagi anak yang belum vaksin hepatitis B segera datang ke puskesmas. Ayok datang kan gratis," kata Eva Dwiana usai meninju PTM di SMPN 22 Bandar Lampung, Kamis (12/5). 

Menurutnya, hal ini penting dilakukan sehingga anak mulai dari usia dibawah 11 bulan telah menerima vaksin lengkap. 

"Kita minta dinas kesehatan untuk memantau. Kalau kita sayang sama anak dan generasi muda maka perlu mencegah dari pada mengobati," ujarnya. 

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandar Lampung mencatat sasaran anak untuk mendapat imunisasi dasar lengkap (DPT-HB-Hib, polio tetes, polio suntik, dan campak rubela) di Kota Bandar Lampung tahun ini sebanyak 17.340 anak.

Plt Kepala Diskes Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan untuk mencapai kekebalan kelompok, setidaknya harus ada 90 persen atau sebanyak 15.606 anak yang melaksanakan imunisasi dasar lengkap. 

"Kami akan lebih menggencarkan pelaksanaan imunisasi untuk kelompok anak usia 0-11 bulan itu. Hal itu dilakukan sebagai upaya penciptaan kekebalan imunitas anak," ujarnya.

Diketahui, selama dua tahun pandemi Covid-19, tercatat ada 3.970 anak di Bandar Lampung yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Bila dirincikan tahun 2020 ada 2.738 dan 2021 ada 1.232 anak.