Wali Kota Eva Jawab Pandangan Fraksi atas APBD Perubahan 2021

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana menyampaikan jawaban pandangan fraksi/ Tuti
Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana menyampaikan jawaban pandangan fraksi/ Tuti

Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana memberikan jawaban atas pandangan fraksi atas APBD perubahan tahun anggaran 2021. 


Tanggapan atas pandangan fraksi PKS yang meminta memahami penyusunan APBD, Eva menjelaskan bahwa APBD perubahan 2021 menunggu LHP BPK-RI atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020. 

"Perda pertanggungjawaban tentang pelaksanaan APBD 2020 yang juga baru disahkan pada tanggal 27 Juli dan baru di Perda kan 26 Agustus 2021 lalu," kata Bunda Eva sapaan akrab Eva Dwiana saat paripurna di DPRD kota Bandarlampung, Selasa (14/9). 

Lanjutnya, keterlambatan penyampaian KUA PPAS APBD tahun 2022 terjadi karena menunggu pengesahan Raperda RPJMD dan Kemendagri nomor 27 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2022, yang baru diterbitkan pada akhirnya Agustus tahun 2021, dan merupakan pedoman di dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2022. 

"Terkait laporan realisasi sementara pertama akan segera kami sampaikan, selanjutnya catatan yang diberikan oleh BPKRI terhadap pengelolaan keuangan Pemkot Bandarlampung, baik sisi perencanaan dan peruntungan belanja sudah kami tindaklanjuti," ujarnya. 

Tambahnya, berkenan dengan prioritas arahan pembangunan untuk mempercepat pemulihan ekonomi, dan farmasi sosial serta prioritas program yang telah ditetapkan, perlu dukungan semua pihak dalam segala program kegiatan untuk mewujudkan pelaksanaan hal yang dimaksud. 

"Sementara tanggap atas pandangan umum fraksi PDIP mengenai pemangkasan anggaran program yang belum mendesak dialihkan untuk program dalam rangka pemulihan pasca Covid-19, kami sependapat dan dalam APBD perubahan telah dilakukan penyesuaian program," jelasnya.