Walikota Bandar Lampung Disebut Titip Ponakan Masuk Unila

Dekan FISIP Unila Ida Nurhaida usai jadi saksi sidang suap PMB Unila, Selasa (24/1)/Faiza
Dekan FISIP Unila Ida Nurhaida usai jadi saksi sidang suap PMB Unila, Selasa (24/1)/Faiza

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana disebut ikut menintipkan satu mahasiswa ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung (FISIP Unila).


Hal tersebut disampaikan Dekan Fisip Unila Ida Nurhaida memberikan kesaksian untuk tiga terdakwa suap PMB Unila yakni mantan Rektor Karomani; Ketua Senat Unila Muhammad Basri dan Warek I Bidang Akademik Heryandi, Selasa (24/1).

Mulanya, Hakim Efiyanto menanyakan Eva Diana yang masuk dalam daftar 51 mahasiswa titipan di FISIP Unila. Ida kemudian mengonfirmasi bukan Diana, melainkan Eva Dwiana.

Namun, nama tersebut tidak menitipkan mahasiswa lewat dirinya, melainkan lewat Wakil Dekan I Bidang Akademik Deddy Hermawan.

"Walikota titipkan keponakannya, tapi tidak melalui saya, tapi melalui Wadek I," ujarnya di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. 

Menurut Ida, titip menitip di lingkungan sudah terjadi sejak dirinya menjadi Dekan FISIP tahun 2020 akhir. Mahasiswa titipan itu sepengetahuannya adalah anak relasi dari civitas akademika Unila.

"Saya tidak memastikan siapa saja yang lulus, mereka hanya menitip, kami kumpulkan ke Wadek I dan diteruskan ke panitia PMB. Saya tidak menerima uang, hadiah atau lainnya," kata Ida.