Warga Gedong Tataan Rasakan Gempa, Kepala BPBD: Tidak Termonitor

Warga Bagelen keluar rumah saat gempa/ Rama
Warga Bagelen keluar rumah saat gempa/ Rama

Warga Desa Begelen Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran berhamburan keluar rumah karena dikejutkan gempa, Jumat (14/1) sore.


Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi terjadi pada pukul 16.05 Wib, berpusat di Provinsi Banten, dengan magnitudo 6, 7 Skala Richter dengan kedalaman 10 Kilometer.

Dikatakan tokoh masyarakat, Erland Soffandi, gempa dirasakan sejumlah warga di Desa Bagelen, serta Desa Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan.

"Sangat terasa, di Desa Bagelen dan Desa Karang Ayanar Kecamatan Gedong Tataan. Bahkan kami yang ada di Desa Bagelen berhamburan ke luar rumah, bahkan saya dapat kabar di Bandar Lampung gempa juga terasa," kata Erland, Jumat (14/1).

Meski demikian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran, Sofyan Agani menyebut pihaknya tidak mengetahui jika getaran gempa sangat dirasakan warga Kecamatan Gedong Tataan.

"Tidak ada gempa di Pesawaran, dimonitor kita cuma mencatat gempa terjadi di Provinsi Banten," kata Sofyan.

Bahkan, dia menuturkan saat dihubungi dia sedang berada di kantor BPBD yang di Desa Sukaraja Gedong Tataan itu tidak merasakan getaran gempa.

Diketahui, warga Pesawaran dihebohkan dengan berita gempa yang beredar di grup media sosial seperti WhatsApp.