Warga Miskin Di Lampung Makin Meningkat

Fahrizal Darminto/RMOLLampung
Fahrizal Darminto/RMOLLampung

Bulan Maret 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung mencatat bahwa jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan) di Lampung mencapai 1,05 juta orang (12,34 persen).


"Berdasarkan data yang ada, jumlah ini naik sebesar 7,84 ribu orang dibandingkan dengan kondisi September 2019 yang sebesar 1,04 juta orang (12,30 persen),"  kata Kepala BPS provinsi Lampung, Faizal Anwar.

Disisi lain, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, untuk mengatasi kemiskinan di Lampung yakni dengan cara meningkatkan pendapatan petani dan melakukan pengembangan UMKM di daerah perkotaan.

“Meski tidak terlalu massif, banyak sektor usaha yang terdampak oleh pandemi Covid-19 tersebut, misalkan orang yang di PHK dan untuk di sektor pertanian, kaum petani tidak terdampak oleh Covid-19," ucapnya.

 Jadi produksi lebih baik di pedesaan. didaerah perkotaan kita berusaha mendorong agar usaha tersebut hidup kembali, jika berhasil menghidupkan usaha, maka mereka akan berusaha kembali.

"Jangan sampai adanya PHK massal, hanya saja adanya bagian-bagian dari pekerja yang akan berkurang, sehingga dapat menumbuhkan ekonomi di provinsi lampung. Kemudian untuk mereka yang bukan di PHK total, hanya saja jam kerjanya yang berkurang," jelasnya.