Way Sesah Meluap, Rumah-rumah Warga Kotaalam Terendam Banjir

Wabup Lampura Ardian Saputra meninjau banjir/ Efriantoni
Wabup Lampura Ardian Saputra meninjau banjir/ Efriantoni

Belasan rumah warga RT V/LK III, Kotaalam, Kotabumi Selatan, Lampung Utara terendam banjir dari luapan air Way (sungai) Sesah akibat tingginya curah hujan.


‎"Sudah lima belas rumah yang terendam banjir," ucap Ketua RT V/LK III, Kotaalam‎, Nur Asikin, Rabu (9/11).

Nur Asikin mengatakan,‎ luapan air itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Dari subuh, air terus merangkak naik. Diperkirakan, tingginya kini mencapai sekitar 50-an cm. Sementara ini, rumah yang sudah dimasuki air sudah berjumlah sembilan unit. Sisanya, masih merendam pekarangan rumah warga. "Bisa saja enam rumah lainnya akan menyusul terendam air jika air terus naik ketinggiannya," kata dia.

Sementara itu, Zubir Daud, salah satu korban banjir menjelaskan, meski belum masuk ke dalam rumah, namun banjir yang merendam pekarangannya cukup membuatnya repot. Bahkan, ia terpaksa tidak berdagang karena diliputi perasaan was - was air akan terus meninggi. "Terpaksa enggak dagang karena khawatir air akan masuk ke dalam rumah," ucapnya.

Zubir menuturkan, petugas kepolisian dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah terlihat telah bersiaga di lingkungan mereka. Meski begitu, masih belum terlihat ada tanda - tanda bantuan maupun sejenisnya dari pihak Pemkab Lampung Utara.

"Bantuan - bantuan dan kesiapsiagaan petugas sangat kami butuhkan di saat - saat ini karena sewaktu - waktu ‎air dapat terus naik," kata dia.