Wujudkan One Stop Digital Housings Services, Bank BTN Gandeng Arsitag

Penandatangan kerjasama Integrasi Layanan Sistem Informasi dengan Plaform Arsitag pada Ekosistem Digital Bank BTN di Jakarta, Rabu (16/2)./Dok
Penandatangan kerjasama Integrasi Layanan Sistem Informasi dengan Plaform Arsitag pada Ekosistem Digital Bank BTN di Jakarta, Rabu (16/2)./Dok

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus mengembangkan layanan di ranah ekosistem perumahan digital (digital mortgage ecosystem) dengan menggandeng berbagai startup di bidang tersebut. Salah satunya, menjalin kerjasama dengan Arsitag, platform marketplace jasa layanan profesional arsitektur, desain interior dan kontraktor.


Direktur Operation, IT and Digital Banking Bank BTN, Andi Nirwoto mengatakan, kerjasama ini dimaksudkan untuk mewujudkan langkah Bank BTN sebagai One Stop Digital Housings Services bagi seluruh rakyat Indonesia.

Andi mengatakan, salah satu siklus perjalanan konsumen dalam memiliki rumah adalah membangun dan mengisi rumah tersebut.

“Di tahap ini Bank BTN akan memanjakan konsumennya dalam menemukan jasa profesional dalam hal Arsitektur, Desainer interior, maupun kontraktor yang tepat melalui platform Digital Mortgage yang dimiliki Bank BTN ," kata Andi usai penandatangan kerjasama Integrasi Layanan Sistem Informasi dengan Plaform Arsitag pada Ekosistem Digital Bank BTN di Jakarta, Rabu (16/2).

Andi menjelaskan, kerjasama dengan Arsitag sangat penting bagi ekosistem perumahan yang ada di Bank BTN. Pasalnya dalam platform ini terdapat sekitar 6.500 profesional di berbagai bidang. 

Menurut Andi, dengan kerjasama ini, para pengunjung dan pengguna BTN Properti/Digital mortgage ecosystem Bank BTN tidak hanya dapat mencari listing properti dan mengajukan pinjaman secara digital. Namun lebih dari itu, para pengguna BTN Properti juga dapat mencari layanan renovasi dan desain properti.

“Pengguna BTN Properti tidak perlu lagi mencari cari layanan jasa renovasi, arsitektur dan desain interior secara manual, semuanya dapat terpenuhi melalui platform digital mortgage ecosystem milik Bank BTN. Ditambah lagi jasa layanan yang disediakan merupakan partner terpercaya yang dapat dijamin kualitasnya,” jelas Andi.

Andi optimistis, dengan kemudahan layanan yang diberikan, pengguna platform Digital Mortgage Bank BTN akan terus bertambah. Pada tahun 2021, platform Digital Mortgage Bank BTN telah mencapai 5,5 juta user dan lebih dari 3.000 developer yang telah bergabung.

“Bank BTN akan terus berinovasi dan juga secara bersamaan terus meningkatkan jaringan partnershipnya dengan merangkul platform properti lainnya untuk dapat maju bersama meningkatkan layanan di bidang properti,” tegasnya.

Sementara itu Direktur Utama Arsitag Steven Gomedi menyambut baik kemitraan perusahaannya dengan Bank BTN. Dengan kerjasama ini diyakini akan semakin memberikan kenyamanan kepada para nasabah.

“BTN merupakan Bank Top of Mind untuk segala kebutuhan perbankan yang terkait dengan properti, kami yakin lewat kerjasama partnership ini, Bank BTN dan Arsitag dapat bersinergi untuk memenuhi kebutuhan fundamental desain, renovasi maupun bangun bagi nasabah dan debitur BTN secara aman, nyaman, dan transparan,” jelas Steven.

Sebagai catatan, dalam pengembangan bisnis untuk mewujudkan One Stop Digital Housings Services, Bank BTN telah melakukan sejumlah inovasi. Antara lain launching revamp desain aplikasi BTN Properti,  kerjasama dengan Pinhome dalam hal operasional maupun pemasaran, serta peluncuran Aplikasi BTN Smart Residence yang memberikan kemudahan bagi pengelola residensi (perumahan atau apartemen) dan penghuni rumah.