Yanuar Irawan, Ramadan Menjaga Nafsu dan Belajar Peduli 

Yanuar Irawan/ Faiza Ukhti
Yanuar Irawan/ Faiza Ukhti

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Yanuar Irawan memaknai bulan ramadan sebagai momentum untuk belajar menjaga hawa nafsu sekaligus melakukan refleksi diri atas kesalahan di tahun sebelumnya. 


Selain menahan lapar dan haus, menurutnya puasa juga mengajarkan diri untuk ikut merasakan perasaan masyarakat yang kurang mampu. Sehingga dapat memunculkan empati dan tergerak untuk berbagi. 

"Tapi setelah puasa kalau kembali lagi ke awal ya berarti gak nyampe hikmah puasanya, harapan kita 11 bulan selanjutnya kita bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar kader PDIP ini, Sabtu (1/5).

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPD PDIP  Lampung ini mengatakan, aktivitasnya ketika ramadan selalu lebih padat dari biasanya. Pasalnya, lebih banyak kegiatan sosial baik sebagai anggota DPRD maupun di DPD PDIP. 

"Setiap ramadan aktivitas malah semakin bertambah, kegiatan sosial, kegiatan partai juga berjalan terus, kalau gak keluar kota hampir dipastikan saya setiap hari ngantor," tambahnya. 

Setiap akhir pekan, lanjutnya, ia berusaha untuk datang langsung ke Daerah Pemilihan yakni di Kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat dan Tanggamus untuk mendengar aspirasi masyarakat.