YSC Adakan 4 Days Challenge: Hidup Bersih Lawan Virus

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan kunci melawan virus di tengah pandemik covid-19. Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penularannya adalah dengan menjaga perilaku kebersihan.


Berangkat dari hal tersebut, Youth with Sanitation Concern (YSC) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan SNV Indonesia mengadakan kegiatan 4 Days video challenge  dengan tema "Hidup Bersih Lawan Virus".

"Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 13-19 Mei 2020 di media social Instagram @ysc_id. Peserta bisa memenangkan hadiah voucher belanja gopay/ovo/indomaret senilai Rp 250 ribu dan terdapat ratusan ribu lainnya untuk 23 pemenang," kata Ketua YSC, Khorik Istiana, Minggu (10/5).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat di Provinsi Lampung terhadap perilaku kebersihan sebagai upaya pencegahan penyakit, termasuk pencegahan Covid-19.

Lanjutnya, dengan adanya Covid-19 ini masyarakat semakin peduli dengan issue kebersihan, meskipun demikian prakteknya masih banyak yang belum sesuai dengan arahan pemerintah.

"Misalnya saja CTPS, masih banyak yang melakukannya tanpa mengikuti langkah-langkah yang diajurkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni 6 langkah dan selama 20 detik," ujarnya.

Tambahnya, YSC ingin masyarakat tidak hanya CTPS setelah beraktivitas dari luar saja, tetapi juga di 5 waktu penting CTPS yaitu sebelum dan sesudah makan, setelah Buang Air Besar (BAB), sebelum mengolah makanan, sebelum menyusui dan setelah menceboki bayi.

"CTPS itu pencegahan penyakit paling murah untuk memutus mata rantai penularan penyakit, bukan hanya untuk corona saja tetapi penyakit lainnya seperti diare, typus, hepatitis, dan lainnya," jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Khorik Istiana berharap bisa mendorong masyarakat untuk mempraktikan perilaku kebersihan tidak hanya selama pandemik tetapi juga pasca itu.

"Untuk syarat dan ketentuan bisa di cek di ig @ysc_id dan @dinkeslampung dan @pemprov.lampung," ujarnya.